Angka




Angka
 Angka dibentuk dengan membubuhkan “tanda angka” (titik 3-4-5-6) langsung di depan huruf a hingga j (untuk angka 1 hingga 0). Silakan anda pelajari tabel berikut ini.

Tabel 2.5: Angka dengan Satu Digit
#a
#b
#c
#d
#e
#f
#g
#h
#i
#j
1
2
3
4
5
6
7
8
9
0

Jika bilangan terdiri dari dua digit atau lebih, tanda angka cukup dibubuhkan satu saja di depan digit pertama. Silakan anda pelajari contoh-contoh pada tabel berikut ini. Bandingkanlah dengan angka-angka pada tabel 2.5.

Tabel 2.6: Contoh Penulisan Angka dengan Beberapa Digit
#aj
10
#bj
20
#aa
11
#bb
22
#ajj
100
#abc
123
#bej
250
#ajjj
1000
#aeej
1550
#ihgf
9876

 


Tanda Pugar: ; (titik 5-6). Sebagaimana kini sudah anda fahami, angka dalam Braille dituliskan menggunakan huruf abjad yang didahului tanda angka. Bagaimana kalau anda ingin menuliskan angka dan huruf dalam satu rangkaian? Misalnya 3A? Untuk membedakan huruf dari angka yang mendahuluinya, anda harus menggunakan tanda pugar (atau juga disebut tanda huruf).
-                       Tanda pugar dituliskan langsung di depan huruf untuk menunjukkan bahwa huruf tersebut tidak termasuk angka.
-                       Apabila sebuah huruf harus menggunakan tanda capital dan tanda pugar sekaligus, maka tanda pugar ditulis terlebih dahulu, dan tanda capital dituliskan kemudian, langsung di depan huruf.
-                       Tanda pugar tidak diperlukan apabila huruf itu dituliskan di depan angka. Misalnya, A3 (,a#c). Lihat contoh penggunaan tanda pugar pada tabel berikut ini.

Tabel 2.7: Contoh Penulisan Rangkaian Angka dan Huruf
#b;b
#b;,b
,b#b
#e;,e
#ad;d
#af;,f
2b
2B
B2
5E
14d
16F


Latihan 2.4

            Bacalah angka-angka berikut ini.

1.
#a  #c  #e  #g  #I  #b  #d  #f  #h  #j
2.
#aj  #bi  #ch  #dg  #ef  #fhj  #gija  #hbae #ibee
3.
#ab;a  #bc;,d  ,e#ag  #hf;f  #i;,I  ,d#c  #ac;c  #cf;,f
Anda membaca artikel Angka dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url https://braillemodul.blogspot.com/2012/12/angka.html.


Backlink here..

Description: Angka Rating: 4.5 Reviewer: seputarwisata.com - ItemReviewed: Angka


Shares News - 2:36 AM


Share your views...

0 Respones to "Angka "

Post a Comment