Penggunaan Printer Braille




Penggunaan Printer Braille
 Printer Braille (juga dikenal dengan istilah embosser) menerima “data Braille” dari computer untuk dicetak ke dalam tulisan Braille. Data Braille itu dihasilkan melalui proses konversi dari “data biasa” menggunakan program penerjemah Braille.

Program MiBee Braille Converter (MBC 4)


            Terdapat banyak program penerjemah Braile yang beredar di dunia. Yang paling popular di kalangan pengguna bahasa Inggris adalah Duxbury, sedangkan program yang telah dikembangkan khusus untuk system tulisan Braille bahasa Indonesia adalah MBC (Mitranetra Braille Converter) yang dikembangkan oleh Yayasan Mitra Netra, Jakarta. Dalam modul ini akan dibahas cara mengoperasikan MBC versi 4, yang dikembangkan Yayasan Mitra Netra bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara, sehingga diberi nama MiBee Braille Converter (juga dikenal dengan nama MBC 4). Setelah itu, sekilas anda juga akan diperkenalkan dengan MBC 3. Menu-menu dalam program aplikasi ini menggunakan istilah bahasa Indonesia.

Kelebihan MBC 4 dibandingkan versi sebelumnya adalah bahwa dia tidak hanya berfungsi sebagai program aplikasi penerjemah Braille melainkan juga sebagai pengolah kata (word processor). Ini berarti bahwa MBC 4 tidak hanya dapat membuka dokumen yang telah dibuat dengan pengolah kata lain (seperti Microsoft Word), tetapi juga dapat digunakan untuk membuat dokumen baru.

Untuk mendapatkan software ini, anda dapat menghubungi Yayasan Mitra Netra, Jalan Gunung Balong II No. 58, Lebak Bulus, Jakarta Selatan 12440. Telepon: (021) 7692264, 7651386; Fax: (021) 7655264;                     e-mail: netra@dnet.net.id; website: mitranetra.or.id. 
Anda membaca artikel Penggunaan Printer Braille dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url https://braillemodul.blogspot.com/2012/12/penggunaan-printer-braille.html.


Backlink here..

Description: Penggunaan Printer Braille Rating: 4.5 Reviewer: seputarwisata.com - ItemReviewed: Penggunaan Printer Braille


Shares News - 2:39 AM


Share your views...

0 Respones to "Penggunaan Printer Braille "

Post a Comment