Tanda Komposisi




Tanda Komposisi

 Tanda komposisi adalah tanda khusus yang tidak terdapat dalam tulisan awas (tulisan biasa). Tanda ini dimaksudkan untuk mengubah “tampilan” karakter braille. Tanda komposisi itu mencakup tanda capital, tanda kursif, tanda angka, dan tanda pugar. Karakter Braille yang dibubuhi tanda komposisi ini akan mempunyai fungsi lain atau tampilan yang berbeda. Tanda komposisi diperlukan mengingat keterbatasan kemungkinan konfigurasi Braille. (Ingat, sebuah kerangka Braille hanya dapat membentuk sebanyak-banyaknya 63 konfigurasi karakter). Di samping itu, sebuah huruf Braille bersifat “baku dan kaku”. Artinya, bentuk dan ukuran besarnya tidak dapat divariasikan. Bandingkan dengan huruf awas yang dapat divariasikan ukurannya, bentuknya atau tampilannya. Misalnya, di computer anda mempunyai lebih dari 100 pilihan font, ukurannya dapat diperkecil ataupun diperbesar, dicetak miring, digarisbawahi, dll. Hal seperti itu tidak dimungkinkan pada tulisan Braille kecuali dengan membubuhkan tanda lain – tanda komposisi. Dalam kegiatan belajar ini anda akan diperkenalkan pada dua tanda komposisi, yaitu tanda capital dan tanda kursif, sedangkan dua tanda komposisi lainnya akan diperkenalkan pada kegiatan belajar 2.4.


Tanda Kapital
, (titik 6)

            Sebuah huruf Braille akan dianggap sebagai huruf capital apabila dibubuhi tanda capital.

-                       Tanda capital diletakkan langsung di depan huruf yang akan dijadikan huruf capital.


Contoh:
,bandung
Bandung
Pada contoh di atas, titik 6 mendahului huruf b, sehingga menbubahnya menjadi B capital.

-                       Apabila seluruh kata ditulis dengan huruf capital, dua tanda capital dibubuhkan langsung di depan kata itu.
            Contoh:
,,tvri dan ,,rri
TVRI dan RRI
            Pada contoh di atas, semua huruf pada kata “TVRI” dan “RRI” menjadi huruf capital karena di depannya ada dua tanda capital.

-                       Ketentuan tentang penggunaan tanda kapital di atas berlaku juga pada penulisan angka Romawi.
Contoh:
,I
,,ii
,,iii
I
II
III


Tanda Kursif
. (titik 4-6)

-                       Tanda kursif dipergunakan untuk menunjukkan bahwa kata yang berada di belakangnya perlu mendapat perhatian khusus sebagaimana halnya kata-kata yang dicetak miring (italic), dicetak tebal (bold), atau digarisbawahi.

-                       Tanda kursif diletakkan langsung di depan kata yang perlu mendapat perhatian khusus itu. 
Contoh:

,sekali .merdeka tetap .merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Pada contoh di atas, tanda kursif (titik 4-6) diletakkan langsung di depan huruf “m” dari kata “merdeka”.

-                       Apabila teks  yang “dikursif” itu terdiri dari tiga kata atau lebih, maka dua tanda kursif diletakkan di depan kata pertama, dan satu tanda kursif diletakkan di depan kata terakhir dari teks tersebut.
Contoh:
..sekali merdeka tetap .merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka

            Pada contoh di atas, dua tanda kursif diletakkan langsung di depan kata “sekali” (yang merupakan kata pertama dari teks itu), dan satu tanda kursif lainnya diletakkan di depan kata “merdeka” (kata terakhir dari teks yang dicetak miring).

-                       Apabila sebuah teks ditulis dengan huruf capital dan tanda kursif sekaligus, maka tanda kursif dituliskan lebih dahulu, sedangkan tanda capital dituliskan langsung di depan kata yang bersangkutan.
Contoh:
.,demi .negara .,,ri
Demi Negara RI



Latihan 2.2


            Salinlah teks di bawah ini ke dalam tulisan awas. 

1.
,badai ,pasti ,berlalu
2.
,,habis ,,gelap ,,terbitlah ,,terang
3.
..bagai burung dalam .sangkar
4.
,bagai .kucing dengan .anjing
5.
..,bagaikan ,pungguk merindukan .,bulan
6.
..,,pucuk ,,dicinta ,,ulam .,,tiba
Anda membaca artikel Tanda Komposisi dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url https://braillemodul.blogspot.com/2012/12/tanda-komposisi.html.


Backlink here..

Description: Tanda Komposisi Rating: 4.5 Reviewer: seputarwisata.com - ItemReviewed: Tanda Komposisi


Shares News - 2:34 AM


Share your views...

0 Respones to "Tanda Komposisi "

Post a Comment